Suplemen Minyak Ikan Tak Terbukti Punya Efek Lindungi Jantung

Jum'at, 10 Agustus 2018 - 09:35 WIB
Suplemen Minyak Ikan Tak Terbukti Punya Efek Lindungi Jantung
Suplemen Minyak Ikan Tak Terbukti Punya Efek Lindungi Jantung
A A A
JAKARTA - Suplemen minyak ikan dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Namun, baru-baru ini peneliti dari Cochrane mengungkapkan temuan terbarunya bahwa tidak ditemukan adanya efek perlindungan minyak ikan baik untuk kesehatan jantung atau stroke.

"Terlepas dari semua informasi yang ada, kami tidak melihat adanya efek perlindungan (dari minyak ikan)," ujar penulis utama Cochrane, Dr Lee Hooper dari University of East Anglia seperti dilansir dari BBC.

Peneliti menganalisis kandungan minyak ikan pada lebih dari 100.000 responden. Sementara Hooper mengungkapkan, bahwa peluang mendapatkan manfaat dari mengonsumsi minyak ikan omega-3 hanya 1:1.000.

"Kami percaya ulasan ini bertentangan dengan keyakinan populer bahwa omega-3 merupakan suplemen yang dapat melindungi jantung. Tinjauan sistematis ini mencakup informasi dari ribuan orang dalam jangka waktu lama," ujar dia.

"Studi ini memberikan bukti bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 seperti minyak ikan, EPA, atau DHA, tidak memiliki manfaat bagi kesehatan jantung atau mengurangi risiko stroke," tambahnya.

Menurut peneliti, beberapa ikan bahkan ditemukan mengandung bahan kimia yang mungkin bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Misalnya hiu, marlin dan ikan todak yang terbukti mengandung merkuri dalam jumlah kecil.

Ikan ini harus dihindari oleh wanita hamil, wanita yang tengah merencanakan kehamilan serta anak di bawah usia 16 tahun. Meski tidak ditemukan adanya perlindungan untuk kesehatan jantung, namun minyak ikan baik untuk diet dan kesehatan umum.

"Omega-3 penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan mata, fungsi kekebalan, dan otak, sehingga tidak semua tentang jantung," papar Dr Carrie Ruxton dari Health and Food Supplements Information Service.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7666 seconds (0.1#10.140)